MAKALAH
ALAT PERAGA MATEMATIKA KELAS RENDAH
“JAM SUDUT”
DOSEN
PENGAMPU :
Taurinda
Mahardiyati, S.Pd, M.Pd
Disusun
Oleh :
Niken Larasati
(1520601007)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS DOKTOR NUGROHO MAGETAN
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji hanya bagi-Nya. Semoga sholawat
beserta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad
SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, dan juga kepada para pengikutnya yang
setia hingga akhir zaman.
Puji syukur
Alhamdulilah kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan segala rahmat,hidayah,inayah-Nya. Sehingga penulisan makalah ini
dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.
Makalah dengan judul ALAT
PERAGA MATEMATIKA KELAS RENDAH “JAM SUDUT” sebagai tugas mata kuliah Pendidikan
Matematika di Kelas Rendah.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih
jauh dari sempurna, karena masih banyak kekurangan dan kesalahan. Maka penulis menerima kritik dan saran yang
bersifat membangun untuk meyempurnakan makalah ini.
Dengan makalah ini, penulis mengharapkan semoga makalah ini
dapat bermanfaat dan berguna bagi penulis serta pembaca pada umumnya.
Magetan,
17 Mei 2016
Penyusun
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
……………………………………………………………………………………1
Daftar isi
…………………………………………………………………………………………..2
BAB I
PENDAHULUAN ………………………………………………………………...3
A. Latar
Belakang
………………………………………………………………...3
B. Rumusan
Masalah
……………………………………………………………..3
C. Tujuan
…………………………………………………………………………3
D. Manfaat
………………………………………………………………………..4
BAB II
PEMBAHASAN …………………………………………………………………5
A. Alat
Peraga Jam Sudut
………………………………………………………...5
B. Langkah-langkah
Proses Pembuatan Jam Sudut
………………………………5
C.
Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut …………………………………………..6
D. Skenario Pembelajaran ………………………………………………………..7
BAB III PENUTUP
………………………………………………………………………8
A. Kesimpulan .…………………………………………………………………..8
B. Lampiran ……………………………………………………………………...9
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Matematika
adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan penelaahan bentuk-bentuk suatu
struktur yang abstrak dan hubungan diantara hal-hal tersebut. Untuk dapat
memahaminya, diperlukan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat dalam
Matematika. Karena sifatnya yang abstrak, maka dalam pembelajaran matematika
masih diperlukan benda-benda yang menjadi perantara atau alat peraga yang
berfungsi untuk mengkonkritkan sehingga fakta-faktanya lebih jelas dan
lebih mudah diterima oleh siswa. Oleh karena
itu wajar apabila matematika tidak mudah dipahami oleh kebanyakan siswa
usia sekolah dasar.Berdasarkan hal tersebut di atas untuk memahami suatu konsep
matematika, siswa masih harus diberikan rangkaian kegiatan nyata yang dapat
diterima akal mereka. Dengan demikian alat bantu belajar atau biasa disebut
media sangatlah diperlukan dalam pembelajaran matematika, untuk memberikan
pengalaman belajar yang bermakna, mengaktifkan dan menyenangkan.
Alat
peraga matematika adalah sebuah atau seperangkat benda konkrit yang dibuat,
dirancang, dihimpun atau disusun secara sengaja, yang digunakan untuk membantu
menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam
matematika. Dengan alat peraga, maka hal-hal yang abstrak dapat disajikan
dalam bentuk model-model, sehingga siswa dapat memanipulasi objek tersebut
dengan cara dilihat,dipegang, diraba, diputarbalikkan, agar lebih mudah
memahami matematika.
B. RUMUSAN
MASALAH
a.
Apa
yang dimaksud dengan alat peraga jam sudut?
b.
Bagaimanakah
proses pembuatan alat peraga jam sudut?
c.
Bagaimana
penggunaan alat peraga jam sudut?
C. TUJUAN
a.
Mengetahui maksud alat peraga Jam
Sudut
b.
Mengetahui proses pembuatan alat peraga Jam Sudut
c.
Mengetahui
penggunaan alat peraga Jam Sudut
D.
MANFAAT
a. Dapat
mengetahui maksud alat peraga
Jam
Sudut
b. Dapat
mengetahui prosses pembuatan alat
peraga Jam Sudut
c. Dapat
mengetahui penggunaan
alat peraga Jam Sudut
BAB II
PEMABAHASAN
A. JAM
SUDUT
Penggunaan alat peraga ini
bertujuan agar siswa dapat menemukan besar sudut dari berbagai sudut yang
dibentu oleh jam. Secara psikologis permainan dengan menggunakan alat peraga
ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan minat siswa belajar matematika. Menurut Wilkinson (Angkowo
dkk.:2002:14-15) bahwa salahsatu kriteria media pembelajaran adalah
ketepatgunaan. Alat peragaJam Sudut sangat tepat digunakan dalam pembelajaran
geometrikhususnya dalam menentukan sudut pada jam. Fungsi dari alatperaga Jam
Sudut adalah untuk menemukan besar sudut yangdibentuk oleh dua jarum jam.
B.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBUATAN JAM SUDUT
1.
Alat dan Bahan
a)
Alat:
-
Pisau Cutter
-
gunting
-
spidol
-
penggaris
b) Bahan
-
Kardus
-
Styrofoam
-
Lem
-
kertas
karton putih
-
kertas
emas
-
sedotan
2.
Cara
membuat alat Peraga Jam Sudut
1) Siapkan alat dan bahan diatas
2) Potong kardus dengan ukuran 35 cm x 35 cm
3) Gunting kertas karton membentuk lingkaran dengan
diameter 15 cm
4) Potong Styrofoam membentuk lingkaran dengan diameter
11 cm
5) Bungkus kardus dengan kertas emas
6) Tempelkan kertas karton yang sudah digunting di atas
kardus yang telah di bungkus kertas emas
7) Tempelkan Styrofoam tepat di tengah kertas karton
putih
8) Buat
angka pada lingkaran kecil 1 – 12 dan 0˚-360˚ pada pada lingkaran besar dengan menggunakan spidol
9) Pasang jarum jam yang telah disiapkan
C. PENGGUNAAN ALAT PERAGA JAM SUDUT
Pada dasarnya alat ini terdiri
dari dua lingkaran dan dua jarum jam, lingkaran pertama digunakan sebagai papan
jam dan lingkaran kedua berfungsi untuk mengukur sudut antar kedua jarum jam.
Cara kerja dari alat ini adalah dengan menyesuaikan lingkaran besar yang telah
diberi ukuran sudut dengan dua buah jarum jam yang ada pada lingkaran kecil.
Secara rinci cara penggunaan alat ini adalah sebagai berikut :
a.
Tentukan
pukul berapakah waktu yang ingin diukur sudutnya.
b.
Letakkan
(putar) jarum jam sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. catatan : cara
memutar jarum jam adalah dengan memutar jarum jam menit (panjang)
c.
Putar
lingkaran besar dan sesuaikan angka 0o pada salah satu jarum jam (jarum jam
pertama), bisa pada jarum jam pendek maupun panjang tergantung
ukuran sudut yang ingin diukur yaitu sudut terbesar ataukah sudut terkecil
antara dua jarum jam.
d.
Setelah
itu lihat pada bagian lingkaran besar, angka berapakah yang ditunjukkan atau
terletak sesuai dengan jarum jam kedua.
e.
Maka
angka tersebutlah yang merupakan sudut yang ingin kita cari yaitu sudut antara
dua jarum jam.
Ilustrasi :
1. Misalkan sudut yang ingin kita ukur adalah sudut terkecil antara jarum jam pada pukul 02.00
2. Pukul 02.00 maka jarum jam panjang terletak pada angka 12 dan pendek pada angka 2
3. Pada gambar angka 0o telah disesuaikan dengan salah satu jarum jam yaitu jarum jam panjang
4. Jarum jam lain atau jarum jam pendek menunjukkan angka 60o pada lingkaran besar
5. Maka sudut terkecil yang terbentuk antara dua jarum jam pada 02.00 diatas adalah 60o.
1. Misalkan sudut yang ingin kita ukur adalah sudut terkecil antara jarum jam pada pukul 02.00
2. Pukul 02.00 maka jarum jam panjang terletak pada angka 12 dan pendek pada angka 2
3. Pada gambar angka 0o telah disesuaikan dengan salah satu jarum jam yaitu jarum jam panjang
4. Jarum jam lain atau jarum jam pendek menunjukkan angka 60o pada lingkaran besar
5. Maka sudut terkecil yang terbentuk antara dua jarum jam pada 02.00 diatas adalah 60o.
D.
SKENARIO
PEMBELAJARAN
Media ini digunakan guru dalam
menjelaskan macam-macam sudut, besarnya sudut istimewa, cara melukis suatu
sudut, dan pecahan yang dibentuk. Hal ini dilakukan dengan memberikan
penjelasan terlebih dahulu kepada siswa dan mengkaitkanny dengan sudut dan
pecahan terhadap kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini penulis mengkaitkan
pelajaran sudut dan pecahan tersebut dengan jam dinding.
Langkah-langkah pembelajaran :
1) Guru memberikan model jam kepada siswa, dimana jam tersebut
teridri dari 3 lingkaran yang terdiri dari 2 lingkaran yang terdiri dari 1
lingkaran kecil dan 1 lingkaran besar, dimana lingkaran kecil terdiri dari
angka-angka yang terdapat di jam.
2) Guru menjelaskan dengan media, macam-macam
sudut/pecahan dengan cara memutar jarum jam.
3) Setelah itu guru menjelaskan jenis-jenis sudut atau
besar pecahan yang terbentuk dari putaran jarum jam tersebut.
4) Setelah menjelaskan jenis-jenis dan besar sudut atau
besar suatu pecahan, guru memberikan penjelasan cara melukis sudut yang benar.
5) Guru memberikan gambaran-gambaran sudut dan
angka-angka pecahan kepada siswa, dan siswa mmenentukan nama sudut sesuai
dengan putaran jarum jam yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika siswa belum
paham, siswa dapat memutar jarum jam yang telah disediakan, kemudian
digambarkan lagi
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Jarum jam terdiri
dari jarum detik, jarum menit, dan jarum yang menunjukkan jam. Dalam ukuran
sudut dikenal juga istilah satuan derajat, menit, dan detik yang pengertiannya
berbeda dengan satuan menit, detik pada satuan waktu. bagaimana
menghitung besarnya sudut yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan jarum jam
panjang pada jam. Coba perhatikan penjelasan berikut :
1. Dalam 1 jam pergerakan jarum jam pendek jika berputar satu putaran penuh itu artinya
jarum bergerak selama 12 jam atau 360 derajat dari hal itu kita akan
mendapatkan:
12 jam = 360o
1 jam = 360 derajat : 12 = 30 derajat per jam
1 jam = 30o
Ini berarti jika jarum jam pendek bergerak 1 jam maka sudut yang dibentuk antara tempat awal dan akhir jarum sebesar 30o
2. Dalam 1 jam atau 60 menit pergerakan jarum jam panjang jika berputar satu putaran penuh selama 60 menit dan 1 putaran = 360o didapat hubungan:
60 menit = 360o
1 menit = 360 derajat : 60 = 6 derajat
1 menit = 6o
12 jam = 360o
1 jam = 360 derajat : 12 = 30 derajat per jam
1 jam = 30o
Ini berarti jika jarum jam pendek bergerak 1 jam maka sudut yang dibentuk antara tempat awal dan akhir jarum sebesar 30o
2. Dalam 1 jam atau 60 menit pergerakan jarum jam panjang jika berputar satu putaran penuh selama 60 menit dan 1 putaran = 360o didapat hubungan:
60 menit = 360o
1 menit = 360 derajat : 60 = 6 derajat
1 menit = 6o
0 comments:
Posting Komentar